Sabtu, 04 April 2015

Mencari Tuhan Dengan Motivasi yang Benar

Mencari Tuhan Dengan Motivasi yang Benar
Yesaya 55:1-13


Dalam pembacaan kita malam ini, konteks yang ingin disampaikan kepada kita ialah mengenai seruan/perintah untuk turut serta dalam keselamatan yang dari Tuhan. Artinya bahwa Tuhan Allah menuntut respons segera yang benar dari kita sebagai umat-Nya terhadap seruan/perintah tersebut. Dan kita dapat merespon seruan untuk turut serta dalam keselamatan yang dari Tuhan tersebut dengan cara mencari-Nya (ayat 6).
            Oleh karena itu, sebagai orang-orang percaya maka kita harus mencari Tuhan dengan Motivasi yang benar. Mengapa kita harus mencari Tuhan dengan motivasi yang benar? Kita harus mencari Tuhan dengan motivasi yang benar karena kebenaran-kebenaran yang tertulis dalam Yesaya 55:1-13, yakni:
I.                    Karena Tuhan rindu bersekutu dengan kita (Ayat 3c).
      Para Opsir dan rekan-rekan kadet, ayat ini ingin menyatakan kepada kita bahwa  ketika kita membangun persekutuan dengan Tuhan, maka Tuhan akan dekat dengan kita . Dan tanpa kita minta pun, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Oleh karena itu, carilah Tuhan, karena Dia rindu hendak mengikat perjanjian abadi dengan kita. Mungkin saat ini kita merasa kurang nyaman dengan hati dan pikiran kita sehingga membuat kita putus asa maka carilah Tuhan karena Tuhan juga rindu agar kita bersekutu dengan-Nya. Dia sedang menanti kita supaya kita juga menerima janji-janji-Nya dalam hidup kita.

II.                  Karena Tuhan memiliki rencana yang indah bagi kita (ayat 8).
      Tuhan punya rencana yang indah bagi kita. Bagi orang yang benar-benar setia mencari Tuhan, Tuhan dekat padanya. Yeremia 29:11 berkata “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan”. Oleh karena itu kalau kita butuh damai sejahtera, nas ini adalah jawabannya. Tuhan Allah ingin anak-anak-Nya sukses. Tuhan tidak merancang kita jadi orang orang Kristen yang miskin, yang menderita, yang mudah menyerah, yang gagal terus, sakit-sakitan, tetapi Tuhan ingin supaya kita berhasil. Kalau kita tidak berhasil atau kita selalu mengalami masalah berarti kitalah yang perlu mengoreksi diri kita sendiri. Jadi, carilah Tuhan karena ada rencana indah yang ia sediakan bagi kita.

Kesimpulan:

            Akhirnya saudaraku, carilah Tuhan dengan motivasi yang benar karena  Tuhan rindu bersekutu dengan kita, dan karena Tuhan memiliki rencana yang indah bagi kita. Amin 

14 komentar: